0
Dikirim pada 19 Juli 2009 di Motivasi

1. Orang yang mengajarkan Al-Qur an pada anaknya pada masa kecil dan selalu membacanya oada masa tuanya akan mendapat perlindungan arasy Allah swt dihari kiamat.
2. Tanda – tanda kecintaan Allah swt adalah bahwa Allah swt memasukkan rasa cinta pada Al-Qur an dalam hati seseorang.
3. Seseorang yang benar-benar sibuk menghafal / mempelajari / memahami Al-Qur an sehingga tidak mempunyai waktu untuk berdo`a, maka Allah swt akan memberikan sesuatu yang lebih utama daripada yang diberikan pada orang yang berdo`a.
4. Orang yang beriman pada Al-Qur an dan mengamalkannya, maka Allah akan mengangkat derjadnya dan memuliakannya dunia dan akhirat
5. Orang yang ahli dalam Al-Qur an ( benar-benar menghafalnya, sering membacanya, memahami makna dan maksudnya ), di padang mahsyar akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia dan benar. Dan orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur an dan bersusah payah mempelajarinya mendapat pahala 2 X lipat ( satu dari bacaannya dan satu lagi dalam kesungguhannya dalam berusaha membetulkan bacaannya ).
6. Barangsiapa yang sungguh-sungguh ingin menghafal Al-Qur an tapi tidak mampu, namun terus menerus membacanya, maka Allah akan membangkitkannya dihari kiamat dengan para hafidz Al-Qur an.
7. Barangsiapa yang menghormati, menunaikan hak-haknya dan mengamalkan Al-Qur an maka al-Qur an akanmembelanya dihadapan Allah swt dan memberi syafaat serta menaikkan derjatnya.
8. Barangsiapa yang membaca Al-Qur an dan mengamalkan apa yang ada didalamnya, maka pada hari kiamat dia dan kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari walaupun dia berada dalam rumah, serta dipakaikan pakaian yang keindahannya tidak ada yang sanggup menandinginya.
9. Barangsiapa yang membaca dan menghafal Al-Qur an serta menghalalkan apa yang dihalalkan Al-Qur an dan mengharamkan apa yang diharamkan oleh Al-Qur an, maka Allah swt akan memasukkannya ke dalam surga dan menjaminnya untuk dapat memberi syafaat kepada 10 orang ahli keluarganya yang wajib neraka bagi mereka karena dosa-dosa yang mereka lakukan ( kecuali bagi yang kafir – Al-Maidah :72 ).
10. Banyak membaca Al-qur an dapat menguatkan ingtan, membersihkan bathin, menguatkan rohani dan mewangikan mulut.
11. Barangsiapa yang mengajarkan anaknya membaca Al-Qur an, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang.
12. Membaca 1 huruf Al-Qur an pahalanya 10 kebaikan ( Al-An ~am : 160 )
13. Barangsiapa yang mendengarkan Al-Qur an akan dituliskan 1 kebaikan berlipat ganda dan yang membacanya akan diberi nur pada hari kiamat.
14. Suatu kaum yang berkumpul membaca al-Qur an dan saling mengajarkan akan diberi sakinah, disirami rahmat, dikerumuni malaikat dan Allah swt menyebut-nyebut mereka dihadapat majlis para malaikat..
15. Rumah rumh didalamnya dibacakan Al-qur an, ahli rumah akan diberikan berkah dan kebaikan, malaikat pun turun memenuhi rumah tersebut dan syetan akan keluar. Sebaliknya rumah yang didalamnya tidak dibacakan Al-qur an, maka kehidupannya kan dipenuhi dengan kesempitan, ketidak berkahan, malaikat akan keluar dan syetan akan memasuki rumah tersebut.
16. Membaca Al-Qur an akan memberi nur di bumi dan simpanan bagi kita dilangit, dan rumah yang didalamnya dibacakan Al-Qur an akan menyinari ahli-ahli langit seperti bintang yang menyinari ahli bumi
17. Barangsiapa yang membaca 10 ayat pada malam hari, maka ia tidak akan ditulis sebagai orang-orang yang lalai. Membaca 100 ayat akan dicatat sebagai orang yang taat dan diselamatkan dari tuntutan Al-Qur an. Membaca 200 ayat mendapat pahala ibadah semalam suntuk.
18. Barangsiapa yang membaca Al-Qur an yang dengannya ia mendapat makanan dari manusia ( untuk tujuan keduniaan ), maka ia akan datang pada hari kiamat dengan muka bertulang tanpa daging.
19. Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur an.
20. Membaca / mempelajari beberapa ayat Al-Qur an adalah lebih berharga daripada kerajaan seluas 7 benua yang bersifat sementara dan pahalanya bermanfaat untuk selama-lamanya.
21. Tidak ada derjat yang lebih baik daripada derjat orang yang suka membaca al-Qur an.
22. Membaca Al-Qur an tanpa melihat mushaf memdapat 1000 derjat dan dengan malihat mushaf akan mendapat 2000 derjat ( lebih afdhal ).
23. Dengan banyak membaca Al-Qur an dan banyak mengingat maut akan menyebabkan hati bersinar dan alam semakin memantulkan sifat ma`rifat yang terang ( pengkilat hati dan seperti besi berkarat dalam air ).
24. Bacaan Al-Qur an dalam shalat lebih baik dari bacaan Al-Qur an diluar shalat. Bacaan diluar shalat lebih baik dari membaca tasbih dan takbir, bacaan tasbih dan takbir lebih baik dari pada puasa dan puasa adalah perisai ( penghalang ) dari api neraka.
25. Setiap membaca huruf Al-Quran dalam shalat mendapat pahala 100 kebaikan, membaca tanpa wudhu mendapat 10 kebaikan.
26. Kebanggaan, kemuliaan dan kehormatan umat ini adalah dengan membaca Al-Qur an, menghafalnya, mengajarkannya dan beramal dengannya dan apa saja yang berhubungan dengan Al-Qur an.
27. Tidak ada yang mendekatkan diri kepada Allah swt kecuali dengan perantaraan Al-Qur an dan membaca Al-Qur an akan menyebabkan kita lebih bertawajuh dan memberi kesan tersendiri pada diri pembacanya.
28. Ahli Al-Qur an ( yang selalu menyibukkan diri dengan Al-Qur an ) adalah ahli Allah swt dimana setiap waktu Allah akan selalau mengirim kasih sayang-Nya dan mereka orang-orang istimewa Allah swt sehingga mendapat kemuliaan.
29. Membaca Al-Qur an dengan suara keras adalah seperti memberi shadaqah dengan terang-terangan dan membaca dengan perlahan seperti memberi shadaqah dengan sembunyi.
30. Tidak ada penolong yang lebih utama kedudukannya disisi Allah swt pada hari kiamat daripada Al-Qur an, bukan nabi atau malaikat yang lainnya.
31. Mempelajari 1 ayat Al-Qur an pada pagi hari lebih baik dari pada shalat 100 rakaat, mempelajari 1 bab dari ilmu pada pagi hari lebih baik daripada shalat 1000 rakaat.
32. Mengamalkan kandungan Al-Qur an akan menghindarkan kita dari fitnah.
33. Seseorang yang mempelajari Al-Qur an memjaga dan membacanya pada tengah malam dalam shalat dimisalkan seperti mangkok terbuka tutupnya yang penuh dengan kasturi yang baunya menyebar keseluruh tempat, sedang seorang hafidz Al-Qur an yang tidur / tidak membaca Al-Qur an karena lalai tapi Al-Qur an berada dalam hatinya adalah seperti mangkok yang penuh kasturi tetapi nur berkah yang akan menyebar pada orang lain akan terhalang.

Adab Membaca Al-Qur an :
1. Adab lahiriyah;
? Membersihkan mulut, badan, pakaian dan berwudhu.
? Mengambil Al-Qur an dengan tangan kanan dan meletakkannya pada posisi yang lebih tinggi.
? Membaca Al-Qur an ditempat yang bersih dan menghadap kiblat dengan penuh hormat dan tenang.
? Niat membaca karena Allah swt dengan mengharrap keridhaan dan hidayah-Nya
? Mulai membaca dengan ta`awudz dan surat Al-Fatihah.
? Tidak membaca dengan cepat tapi dengan tartil dan tajwid serta dengan suara yang merdu.
? Berusaha untuk menangis, walaupun terpaksa berpura-pura menangis.
? Memenuhi hak-hak azab dan rahmat, jika menemui ayat tentang janji yang bagus, ampunan dan rahmat hendaknya hati meresa senang dan gembira dan berdo`a memohon ampunan dan rahmat Allah swt. Jika menemui ayat tentang ancaman, azab dan neraka hendaknya hati merasa gentar dan takut serta berdo`a agar terhindar darinya. Jika menemui ayat tentang keagungan dan kemuliaan Allah swt, maka ucapkan subhanallaah. Jika memahami arti ayat maka bacalah dengan penuh tafakkur.
? Jika dikhawatirkan akan timbul riya` di hati / mengganggu orang lain maka baca dengan suara perlahan. Jika tidak maka sebaiknya dibaca dengan suara keras.
? Jika sedang membaca Al-Qur an jangan berbicara, tapi bila terpaksa harus berbicara maka tutuplah Al-Qur an lebih dulu, setelah selesai bicara mulai lagi dengan ta`awudz.
? Disunahkan untuk sujud tilawah setiap kali menemukan ayat-ayat sajadah dan setiap kali membaca akhir ayat.
? Disunahkan setelah khatam memperbanyak dzikir dan mengumpulkan anggota keluarga untuk berdo`a bersama-sama.

Pembacaan Tartil ( terang dan jelas ) bermakna :
? Huruf-huruf diucapkan dengan makhraj yang betul.
? Berhenti pada tempat yang betul.
? Membaca harakat dengan betul dan jelas
? Baca dengan tasydid dab mad yang sempurna dan benar-benar jelas sehingga menimbulkan rasa keagungan Allah swt dan membantu mempercepat masuknya kesan ke dalam hati.
? Keraskan sedikit suara agar terdengar di telinga sendiri sehingga berpengaruh pada hati.

2. Adab Bathiniyah;
? Agungkan Al-Qur an sebagai perkataan yang tinggi.
? Masukkan kedalam hati yang keagungan dan kebesaran Allah swt sama seperti kalam-Nya.
? Hindarkan diri dari keraguan dan kebimbangan
? Renungkan makana setiap ayat dan baca dengan penuh kenikmatan.
? Ayat-ayat yang dibaca hendaknya berkesan dakam hati.
? Tawajuhkan telinga seolah-olah Allah swt berbicara dengan kita dan kita sedang mendengarkannya.
? Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur an untuk keperluan bacaan shalat hukumnya fardhu `ain dan menghafalkan seluruh ayat hukumnya fardhu kifayah.

“ Dan apabila dibacakan Al-Qur an dengarkanlah baik-baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat “. ( QS. Al-A`raaf : 204 )

FADHILAH SURAT-SURAT UTAMA DALAM
AL-QUR AN

Surat Al-Fatihah :
1. Pahalanya menyamai 2/3 Al-Qur an
2. Bila dibaca, iblis akan menangis kesal dan akan menaburkan debu-debu dengan keras ke kepalanya
3. Bila dibaca dengan surat Al-Ikhlas ketika akan tidur lalu dihembuskan keseluruh badan, maka akan terhindar dari segala bahaya kecuali maut.
4. Bila dibaca dengan penuh keimanan dapat menjadi obat penyakit :
? dibaca dan disapukan dengan air liur pada tempat yang sakit.
? Dibaca 7 X dan ditiupkan pada yang sakit gigi,sakit kepala, sakit perut dan sakit pinggang.
? Dibaca dan dihembuskan pada orang yang digigit ular, kalajengking, pada orang lumpuh dan orang gila.
? Dibaca dan ditiupkan pada air lalu diminumkan pada orang yang kena sihir / sakit.
? Ditulis dan dicelupkan pada air mawar kasturi dan za`faran lalu diminumkan pada orang yang sudah lama berpenyakit.
5. Pada hari kiamat surat Al-fatihah dan akhir surat Al-Baqarah akan berjalan dihadapan pembacanya sebagai nur yang menerangi jalan mereka.
6. Untuk memohon hajat dengan cara membaca :
? Antara shalat sunat subuh dan shalat subuh dengan menyatukan mim dalam bismillahirrahmanirrahiim dengan alhamdulillaah 41 X selama 40 hari.
? Dibaca pada hari ahad I pada awal bulan antara shalat sunat subuh dan shalat subuh dengan menyatukan mim bersambung dengan alhamdulillaah 70 X dan setiap harinya pada waktu yang sama dikurang 10 hingga hari ke 7 tinggal dibaca 10 X. Jika belum terkabul ulangi sampai bulan ke II / III.

Surat Yaasiin :
1. Pembacanya mendapat pahala 10 X membaca Al-Qur an.
2. Sebagai hatinya Al-Qur an
3. Bagi pembaca yang hanya mengharapkan keridhaan Allah swt, maka dosa yang terdahulu akan dimaafkan untuk dijadikan bacaan keatas orang-orang yang mati.
4. Membawa kebaikan pada urusan dunia dan akhirat serta dijauhkan dari segala kesusahan dunia dan akhirat.
5. Mengangkat derjat orang-orang yang beriman dan merendahkan derjat orang-orang kafir.
6. Barangsiapa yang selalu membacanya pada malam hari lalu meninggal dunia maka dia mati syahid
7. Bila dibaca pada permulaan hari maka hajat-hajatnya akan dipenuhi / dibaca berturut-turut 3 X.
8. Jika dibaca pada saat lapar maka akan dihilangkan kelaparannya. Jika dibaca saat tersesat maka akan ditemukan jalannya. Jika dibaca saat kehilangan binatang maka akan ditemukan binatangnya.
9. Jika dibacakanpada orang yang akan mati maka akan dimudahkan matinya. Jika dibacakan pada wanita yang sulit melahirkan , maka akan dimudahkan.
10. Jika dibaca takut kurang makanan maka akan dicukupkan makanan baginya. Jika dibaca ketika takut kepada raja / musuh maka akan dihilangkan ketakutannya.
11. Jika membaca yasiin dan as-safaat pada hari jum`at kemudian berdo`a menginginkan sesuatu hajat maka hajatnya akan terpenuhi.
12. Bila dibaca tiap malam jum`at maka akan mendapat agama yang kuat.
13. Bila dibaca pada malam hari maka diampuni dosanya sampai pagi harinya.
14. Bila dibaca pada saat ziarah kubur maka dapat meringankan siksa ahli kubur dan mendapat pahala yang sama dengan kebaikan ahli kubur.

Surat Al-Mulk dan As-Sajadah :
1. Bila dibaca diantara shalat maghrib dan isya adalah seumpama berdiri shalat disepanjang malam pada malam lailatul qadar dan akan ditulis baginya 70 pahala kebaikan dan dijauhkan dari 70 keburukan.
2. Bila dibaca setiap hari ) walaupun tidak membaca surat lain, seoranmg pendosa akan diberi syafaat dan setiap kesalahannya diganti dengan pahala ).
3. Menghindarkan dari siksa kubur dan akan memberikan syafaat sehingga diampunkan oleh Allah swt ( muncul dalam bentuk seekor burung ).
4. Bila dibaca diatas kuburan maka akan menjauhkan mereka dari azab Allah swt dan memberikan keselamatan.
5. Mempunyai 60 kelebihan dibanding dengan semua surat yang ada didalam Al-Qur an.

Surat Al-Waqi`ah :
1. Sebagai surat kekayaan, tapi bila dibaca dengan maksud untuk mengayakan hati dan iman serta untuk mencari akhirat maka dengan sendirinya dunia akan datang.
2. Bila dibaca tiap malam akan dijauhkan dari kemelaratan / terhindar dari kelaparan selamanya.

Surat Ad-Dukhan :
? Dimintakan ampun oleh 7.000 malaikat.

Barangsiapa selalu membaca surat Al-Waqi`ah, Al-Hadid, Ar-Rahman maka digolongkan sebagai ahli surga firdaus.

Surat Al-Kahfi :
? Ayat 1 – 10 pertama dan 10 ayat terakhir : Dilindungi dari fitnah dajjal.
? Bila dibaca pada malam jum`at istiqamah, maka dosa-dosa yang 1 minggu dan minggu yang akan datang diampuni.

Surat Al-Ikhlash : Dibaca sebelum tidur 3 X pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al-Qur an.



Dikirim pada 19 Juli 2009 di Motivasi
comments powered by Disqus
Profile

Berusia 29 tahun ,. Ayah dari Khairul Adam Ashiddiqi dan Khairuna Ramadha Ashiddiqiya More About me

Page
BlogRoll
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 410.536 kali


connect with ABATASA